Kamis, 27 September 2012

Flora Normal Ketombe Dan Malassezia


Kulit adalah seperti gurun. Ia kebanyakan kering, tetapi ada bidang kulit yang mengaliri : Kelembaban ini di belakang lipatan telinga dan di bawah leher, misalnya, dan di daerah yang lembab ini terdapat banyak bakteri yang tinggal di sana, "kata Segre. "Terdapat juga oases ini, seperti di hidung atau di pusar, yang memiliki banyak keragaman bakteri. Ini mulai dapat menjelaskan mengapa, terutama sementara kulit kita kering, terdapat banyak keragaman bakteri yang dapat tumbuh di kulit kita. "

Tapi seperti gurun geografis, wilayah dari kulit kita yang kering - seperti bagian dalam lengan bawah, telapak, dan bokong - juga penuh dengan kehidupan. Seperti gurun yang memiliki spesies yang lebih sedikit daripada rainforests, sehingga daerah-daerah kering kulit memiliki kurang beragam flora dan fauna daripada kulit yang lembab. 
Tim Segre menemukan bahwa situs tubuh yang berbeda memiliki bakteri campuran yang berbeda, dan orang yang berbeda itu cenderung memiliki jenis bakteri yang sama didalam situs tubuh yang sama.
A.    Kulit Manusia
Kulit manusia adalah lingkungan yang kaya untuk mikroba. Sekitar 1.000 spesies bakteri dari 19 bakteri filum telah ditemukan. Sebagian besar berasal dari hanya empat filum: Actinobacteria (51,8%), Firmicutes (24,4%), Proteobacteria (16,5%), dan Bacteroidetes (6,3%). Propionibacteria dan Staphylococcus spesies adalah spesies utama di daerah sebaceous. Ada tiga bidang ekologi utama: basah, kering dan sebaceous. Di tempat-tempat lembab pada tubuh Corynebacteria bersama-sama dengan Staphylococcus mendominasi. Di daerah-daerah kering, ada campuran spesies tetapi didominasi oleh b-Proteobacteria dan Flavobacteriales. Ekologis, sebaceous daerah sudah kekayaan spesies yang lebih besar daripada satu basah dan kering. Daerah dengan sedikitnya kesamaan antara spesies orang di ruang di antara jari-jari, ruang-ruang di antara jari-jari kaki, axillae, dan tali pusar tunggul. Kebanyakan sama itu di samping lubang hidung, nares (di dalam lubang hidung), dan di bagian belakang.
Lapisan kulit manusia terdiri dari tiga lapisan utama:
1.      Epidermis, yang menyediakan Waterproofing dan berfungsi sebagai penghalang terhadap infeksi;
2.      Dermis, yang berfungsi sebagai lokasi untuk pelengkap kulit dan
3.      Hypodermis (lapisan adiposa subkutan).

Epidermis
Epidermis, "epi" berasal dari bahasa Yunani yang berarti "atas" atau "pada", adalah lapisan terluar kulit. Membentuk tahan air, pelindung membungkus di atas permukaan tubuh dan terdiri dari epitel skuamosa berlapis dengan lamina basal yang mendasarinya.
Epidermis tidak mengandung pembuluh darah, dan sel-sel dalam lapisan terdalam dipelihara oleh difusi dari kapiler darah meluas sampai ke lapisan atas dermis. Jenis utama sel-sel yang menyusun epidermis adalah sel-sel Merkel, keratinosit, dengan melanosit dan sel-sel Langerhans juga hadir. Epidermis dapat dibagi lagi menjadi strata berikut (yang diawali dengan lapisan terluar): corneum, lucidum (hanya di telapak tangan dan telapak kaki), granulosum, spinosum, basale. Sel terbentuk melalui mitosis pada lapisan basale. Sel putri (lihat pembelahan sel) naik strata perubahan bentuk dan komposisi sebagai mereka mati karena terisolasi dari sumber darah mereka. Sitoplasma dilepaskan dan protein keratin dimasukkan. Mereka akhirnya mencapai corneum dan menanggalkan (desquamation). Proses ini disebut keratinization dan berlangsung dalam waktu sekitar 27 hari. Keratin ini lapisan kulit yang bertanggung jawab untuk menyimpan air dalam tubuh dan menjaga bahan kimia berbahaya lainnya dan patogen keluar, membuat kulit penghalang alami terhadap infeksi.
Dermis
Dermis adalah lapisan kulit di bawah epidermis yang terdiri dari jaringan ikat dan bantal tubuh dari stres dan ketegangan. Dermis erat terhubung ke epidermis oleh membran basal. Ini juga pelabuhan banyak Mechanoreceptor / ujung saraf yang memberikan rasa sentuhan dan panas. Ini berisi folikel rambut, kelenjar keringat, kelenjar sebasea, kelenjar apokrin, pembuluh limfatik dan pembuluh darah. Pembuluh darah di dalam dermis menyediakan makanan dan pembuangan sampah dari sel-sel sendiri maupun dari Stratum basale dari epidermis.
Dermis secara struktural dibagi menjadi dua daerah: daerah yang dangkal berbatasan dengan epidermis, yang disebut daerah papiler, dan tebal yang dalam daerah yang dikenal sebagai daerah retikuler.
Hypodermis
Para hypodermis bukan bagian dari kulit, dan terletak di bawah dermis. Tujuannya adalah untuk melampirkan kulit untuk mendasari tulang dan otot serta memasok dengan pembuluh darah dan saraf. Ini terdiri dari jaringan ikat longgar dan elastin. Jenis sel utama adalah fibroblas, makrofag dan adipocytes (yang hypodermis mengandung 50% dari lemak tubuh). Lemak berfungsi sebagai bantalan dan insulasi bagi tubuh.

B.     Ketombe
Kulit kepala merupakan bagian kulit tubuh yang unik karena banyaknya folikel rambut dan tingginya produksi minyak, sehingga kulit kepala lebih rentan terhadap infeksi jamur (seperti ketombe, tinea kapitis, dermatitis seboroik), infeksi parasit seperti kutu rambut, peradangan seperti psoriasis. Pada neonatus dengan aktifitas kelenjar sebasea yang lebih dini terjadi pula peningkatan mikroflora dan dapat terjadi prinsipnya kulit kepala yang kering dan bersisik, ketombe dan seboroik dermatitis merupakan gangguan kronik pada kulit kepala dengan penyebab yang sama, hanya berbeda dalam derajat keparahan penyakitnya saja.
Kulit kepala merupakan bagian kulit tubuh yang unik karena banyaknya folikel rambut dan tingginya produksi minyak, sehingga kulit kepala lebih rentan terhadap infeksi jamur (seperti ketombe, tinea kapitis, dermatitis seboroik), infeksi parasit seperti kutu rambut, peradangan seperti psoriasis. Pada neonatus dengan aktifitas kelenjar sebasea yang lebih dini terjadi pula peningkatan mikroflora dan dapat terjadi ”cradle cap”.
Pada prinsipnya kulit kepala yang kering dan bersisik, ketombe dan seboroik dermatitis merupakan gangguan kronik pada kulit kepala dengan penyebab yang sama, hanya berbeda dalam derajat keparahan penyakitnya saja.
Ketombe merupakan keluhan yang sering didengar dan diderita sebanyak hampir 50% dari populasi semasa hidupnya pernah menderita ketombe dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Kondisi ini secara umum ditandai dengan terbentuknya serpihan-serpihan kering di kulit kepala serupa kulit kering dan disertai rasa gatal. Seringkali ketombe ini diperburuk oleh perubahan kondisi kelembaban lingkungan, trauma akibat garukan, perubahan cuaca dan stress emosional. Baru-baru ini telah dibuktikan bahwa flora normal kulit seperti Malassezia ternyata berperanan penting pada proses terjadinya ketombe, dermatitis seboroik dan beberapa penyakit kulit termasuk dermatitis atopik maupun penyakit kulit lainnya. Malassezia menyebabkan peradangan melalui stimulasi produksi sitokin oleh keratinosit. Beberapa peneliti bahkan mengemukakan bahwa jamur Malassezia ini memprovokasi terbentuknya lesi-lesi psoriasis pada penderita psoriasis. Walaupun teori peranan Malassezia sudah dikemukakan oleh beberapa peneliti, namun masih terdapat kontroversi karena sulitnya isolasi, kultur maupun identifikasi jamur tersebut.
Ketombe sebenarnya lebih dari sekedar gangguan superfisial pada stratum korneum dimana terjadi perubahan berupa hiperproliferassi epidermis, produksi sebum yang berlebihan dan parakeratosis. Penanganan dalam pengobatan penyakit ini dilakukan dengan pendekatan yang berbeda-beda, namun berdasarkan etiologi yang umum mencakup tiga faktor yaitu :
1.      Sekresi kelenjar minyak,
2.      Metabolisme mikroflora dan
3.      Kerentanan atau daya tahan tubuh individual.

C.    Jamur Malassezia
Jamur dari genus Malassezia sekarang ini dianggap sebagai sinonim dari jamur yang dulunya disebut Pityrosporum, yang merupakan bagian flora mikrobiologis pada kulit manusia dan juga telah ditemukan pada pelbagai hewan yang berdarah hangat. Sebuah hubungan dengan penyakit kulit pertama kali ditemukan pada tahun 1846 ketika Eichstedt melaporkan keberadaan jamur dan filament - filamen dalam material yang berasal dari sisiksisik pityriasis versicolor yang terinfeksi dimana fase mucelial mendominasi.
Malassezia fase jamur juga terlibat dalam patogenesis dermatosa permukaan lainnya, yang paling penting adalah ketombe dermatitis seborheik (parah dan sulit diobati jika terkait dengan AIDS), dan dermatitis atopik. Akan tetapi, mekanisme yang digunakan mikroorganisme ini untuk menyebabkan dermatosa, masih belum jelas dan beberapa penelitian gagal menunjukkan adanya perbedaan signfikan pada respon imun humoral dan respon imun yang dimediasi sel, yang spesifik terhadap Malassezia pada pasienpasien yang menderita dermatosa – dermatosa terkait Malassezia jika dibandingkan dengan kontrol.
Baru – baru ini, genus Malassezia telah direvisi berdasarkan morfologi, ultrastruktur, fisik dan biologi molekuler. Akibatnya, genus ini telah berkembang mencakup tujuh spesies yang terdiri dari tiga taxa sebelumnya yaitu: M. furfur, M. pachydermatis, dan M. sympodialis, dan empat taxa baru, M. globosa, M. obtusa, M. restricta, dan M. slooffiae. Akan tetapi, penelitian - penelitian epidemiologi tentang frekuensi dan distribusi dari masingmasing jamur Malassezia belum terlalu banyak dan patogenisitas dari masingmasing tidak diketahui sampai sekarang. Jika patogenesitas dari masing - masing jamur Malassezia berbeda satu sama lain, namun manifestasi klinis dan patologis yang berbeda dari beberapa dermatosa yang disebabkan oleh infeksi Malassezia bisa dijelaskan berdasarkan perbedaan patogenisitasnya. Baik patogenesitasnya maupun interaksi antara jamur Malassezia dengan keratinosit manusia, belum ada yang diteliti sebelumnya, walapun hanya dua laporan yang menghubungkan efek jamur Malassezia terhadap produksi sitokin proinflammatory oleh sel - sel darah periferal manusia secara in vitro
Data – data ini berkenaan dengan interaksi antara jamur Malassezia dan sel – sel mononuklear dari darah perifer manusia bisa bermanfaat untuk mengetahui patogenesis infeksi - infeksi aliran darah dari jamur Malassezia pada bayi baru lahir yang berberat lahir rendah dan pasien – pasien defisiensi imun, tetapi tidak dermatosa yang terkait Malassezia; ini karena jamur – jamur Malassezia terletak dalam stratum corneum dan biasanya tidak memiliki peluang untuk bersentuhan dengan sel – sel darah perifer
Dengan demikian, kami meneliti efek langsung dari Malassezia terhadap produksi sitokin oleh keratinosit untuk meneliti apakah patogenisitas dari masing - masing jamur Malassezia berbeda satu sama lain dalam rangka menyelidiki mekanisme mana yang digunakan oleh jamur ini untuk menyebabkan beberapa dermatosa dengan manifestasi klinis dan patologis yang berbeda, seperti ketombe, pityriasis versicolor, dermatitis seborheik, dll.

A.    Kesimpulan
Ketombe merupakan keluhan yang sering didengar dan diderita sebanyak hampir 50% dari populasi semasa hidupnya pernah menderita ketombe dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Kondisi ini secara umum ditandai dengan terbentuknya serpihan-serpihan kering di kulit kepala serupa kulit kering dan disertai rasa gatal. Seringkali ketombe ini diperburuk oleh perubahan kondisi kelembaban lingkungan, trauma akibat garukan, perubahan cuaca dan stress emosional. Baru-baru ini telah dibuktikan bahwa flora normal kulit seperti Malassezia ternyata berperanan penting pada proses terjadinya ketombe, dermatitis seboroik dan beberapa penyakit kulit termasuk dermatitis atopik maupun penyakit kulit lainnya. Malassezia menyebabkan peradangan melalui stimulasi produksi sitokin oleh keratinosit. Beberapa peneliti bahkan mengemukakan bahwa jamur Malassezia ini memprovokasi terbentuknya lesi-lesi psoriasis pada penderita psoriasis

B.     Saran
Mengatasi ketombe dengan menggunakan beberapa bahan aktif seperti asam salisilat, tar, selenium, sulfur dan zinc yang efektif dan memperlihatkan respon pengobatan yang cukup baik dalam sediaan shampoo maupun lotion.
 Baru-baru ini obat-obat anti jamur ternyata juga dapat mengatasi ketombe. Obat anti jamur mempunyai beberapa kelebihan karena tidak menyebabkan kulit menjadi atrofi maupun telangiektasi pada pengobatan jangka lama, sehingga terapi dengan anti jamur lebih bijaksana dilakukan dengan profil keamanan dan efektifitas yang lebih baik serta mengurangi jumlah spora sehingga dapat memperlambat rekurensi atau kambuhan. 

Tidak ada komentar: